Senin, 22 Oktober 2012

SEGMENTASI PASAR DAN PEMETAAN POSISI PRODUK SIMCARD GSM DENGAN TEKNIK MULTIDIMENSIONAL SCALLING

ABSTRAK

Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi serta pertumbuhan dan penyebaran penduduk yang sangat pesat, kebutuhan masyarakat akan kelancaran dan penyampaian informasi semakin meningkat. Banyak alat komunikasi yang bermunculan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi. Salah satunya adalah telepon seluler (ponsel) yang saat ini mendominasi industri telekomunikasi nasional. Bisnis telekomunikasi nasional telah mencapai sukses yang sangat fenomenal baik bagi pabrik-pabrik pembuatnya maupun para operatornya Hal ini menimbulkan kompetisi yang sangat ketat antar operator yang di satu sisi merupakan berkah bagi para pelanggan namun disisi lainnya menjadi bumerang dengan aksi ganti-ganti kartu yang dilakukan pelanggan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persaingan antar operator seluler dengan melakukan segmentasi pasar serta memetakan posisi produk berdasarkan variabel demografi dan atribut yang dipentingkan dalam memilih simcard yang akan digunakan. Penelitian ini diawali dengan survey pendahuluan dan studi literatur tentang variabel demografi, segmentasi pasar, dan product positioning. Selanjutnya dilakukan pengidentifikasian masalah, perumusan masalah, pengumpulan data, dan analisis data yang akan dapat menarik suatu kesimpulan terhadap pemecahan masalah pada penelitian ini.

Pemilihan tipe obyek penelitian dilakukan berdasarkan hasil observasi terhadap simcard GSM yang dihasilkan oleh para penyedia jasa selular di kota Padang. Penelitian dilakukan dengan metode survei dengan menggunakan kuesioner, dan diberikan secara random kepada 148 orang sampel konsumen yang menggunakan simcard GSM. Variabel demografi yang mempengaruhi perilaku konsumen diperoleh dari uji independensi chi square, segmentasi pasar diperoleh dari K-Means Cluster sedangkan posisi persaingan merek simcard GSM diperoleh dari analisis korespondensi dan teknik multidimensional scalling (MDS) dengan bantuan software SPSS ver. 13.0 yang menghasilkan peta posisi produk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam proses pembelian simcard GSM dipengaruhi oleh variabel jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, status pernikahan dan mobilitas kerja. Segmentasi pasar yang terbentuk adalah sebanyak dua segmen. Berdasarkan peta persepsi dapat diketahui bahwa, terdapat pengelompokan tipe berdasarkan atribut yang menonjol. Dari peta persepsi terlihat bahwa antara ke sepuluh merek simcard yang diteliti terdapat kemiripan. Kemiripan tersebut dapat dijadikan pesaing bagi merek simcard-simcard tersebut.

Key Words : MDS, Peta Posisi Produk, Segmentasi Pasar


HARGA: Rp. 50.000,-


DOWNLOAD

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cara Cepat Hamil