ABSTRAKSI
GKM adalah sejumlah
karyawan dengan pekerjaan yang sejenis yang bertemu secara berkala untuk membahas dan memecahkan masalah-masalah
pekerjaan dan lingkungannya dengan tujuan untuk meningkatkan mutu usaha dengan
menggunakan perangkat kendali mutu.
Dua asas pokok
dalam GKM adalah asas pembangunan manusia dan dinamika kelompok dan kerjasama
kelompok (Group Dynamic and Teamwork). Sedangkan 8 asas umum dalam GKM
yaitu: informalitas, kesukarelaan, keterlibatan total, memadukan, belajar
bersama secara berkesinambungan, kegunaan, keterbukaan, dan loyalitas pada
organisasi.
GKM bisa dijadikan
sebagai salah 1 alat untuk menunjang penerapan TQC, karena pada dasarnya GKM juga berangkat dari suatu kelompok karyawan yang memiliki semangat yang besar
untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi di lokasi kerjanya, sehingga
bisa tercapai suatu perbaikan (improvement).
Metode pemecahan masalah dalam GKM secara umum dikenal
dengan menggunakan tujuh (7) perangkat
alat dan delapan (8) langkah pemecahan. Tujuh perangkat alat dalam GKM adalah:
Stratifikasi, Lembar Periksa, Diagram
Pareto, Diagram Ishikawa(Fish Bone Chart), Peta Kendali, Histogram, dan
Diagram tebar. Sementara 8 langkah pemecahan dalam GKM
yaitu: menentukan tema masalah,
menyajikan fakta dan data, menentukan penyebab, merencanakan perbaikan,
melaksanakan perbaikan, memeriksa hasil perbaikan, standarisasi dan
merencanakan langkah selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar