Sabtu, 27 Oktober 2012

GUGUS KENDALI MUTU (GKM)

ABSTRAKSI


GKM adalah sejumlah karyawan dengan pekerjaan yang sejenis yang bertemu secara berkala untuk  membahas dan memecahkan masalah-masalah pekerjaan dan lingkungannya dengan tujuan untuk meningkatkan mutu usaha dengan menggunakan perangkat kendali mutu.

Dua asas pokok dalam GKM adalah asas pembangunan manusia dan dinamika kelompok dan kerjasama kelompok (Group Dynamic and Teamwork). Sedangkan 8 asas umum dalam GKM yaitu: informalitas, kesukarelaan, keterlibatan total, memadukan, belajar bersama secara berkesinambungan, kegunaan, keterbukaan, dan loyalitas pada organisasi.

GKM bisa dijadikan sebagai salah 1 alat untuk menunjang penerapan TQC, karena pada dasarnya GKM  juga berangkat dari suatu kelompok  karyawan yang memiliki semangat yang besar untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi di lokasi kerjanya, sehingga bisa tercapai suatu perbaikan  (improvement).

Metode pemecahan masalah dalam GKM secara umum dikenal dengan menggunakan  tujuh (7) perangkat alat dan delapan (8) langkah pemecahan. Tujuh perangkat alat dalam GKM adalah: Stratifikasi, Lembar Periksa, Diagram  Pareto, Diagram Ishikawa(Fish Bone Chart), Peta Kendali, Histogram, dan Diagram tebar. Sementara 8 langkah pemecahan dalam  GKM  yaitu:  menentukan tema masalah, menyajikan fakta dan data, menentukan penyebab, merencanakan perbaikan, melaksanakan perbaikan, memeriksa hasil perbaikan, standarisasi dan merencanakan langkah selanjutnya.


HARGA: Rp. 15.000,-

DOWNLOAD

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cara Cepat Hamil