RINGKASAN
Sampai saat ini
diare masih merupakan salah satu masalah kesehatan utama bagi balita di
Indonesia. Salah satu upaya penanggulangan diare yang telah dibuktikan efektif
untuk anak-anak yang menderita diare adalah dengan memberikan rehidrasi awal.
Perilaku pemberian dehidrasi awal pada balita akan didukung oleh pengetahuan
orang tua terutama ibu. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana pengetahuan ibu
tentang tanda-tanda dehidrasi pada balita diare.
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data di Polindes ....... dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif yang pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 30 responden yang memenuhi kriteria inklusi dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dan selanjutnya analisa data menggunakan perskoran dengan hasil diprosentasekan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa sebagian besar pengetahuan ibu tentang tanda-tanda dehidrasi pada balita diare berpendidikan SMA sebanyak 16 responden (53,3%) dengan pengetahuan baik dan tidak bekerja sebanyak 17 responden (56,7%) dengan pengetahuan baik, sedangkan umur 20 – 30 tahun sebanyak 18 responden (60%) dengan pengetahuan baik.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini sebagian besar pengetahuan ibu tentang tanda-tanda dehidrasi pada balita diare adalah umur 20 – 30 tahun sebesar 72,2%, pendidikan menengah (SMU) sebesar 62,5% dan ibu yang tidak bekerja sebesar 58,8%, sehingga penelitian ini sebagian responden memiliki pengetahuan baik. Untuk itu diharapkan tenaga kesehatan khususnya bidan dapat meningkatkan informasi mengenai tanda-tanda dehidrasi supaya pengetahuan ibu dapat bertambah dan berkembang.
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL LUAR ......................................................................... i
HALAMAN SAMPUL DALAM...................................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN............................................................................... iii
LEMBAR PENETAPAN PENGUJI................................................................. iv
LEMBAR PERSEMBAHAN …………………………………………………. v
RIWAYAT HIDUP........................................................................................... vi
RINGKASAN.................................................................................................... vii
KATA PENGANTAR....................................................................................... viii
DAFTAR ISI...................................................................................................... x
DAFTAR TABEL.............................................................................................. xiii
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... xiv
DAFTAR SINGKATAN................................................................................... xv
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... xvi
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang ......................................................................... 1
1.2. Rumusan Masalah..................................................................... 3
1.3. Tujuan Penelitian....................................................................... 3
1.3.1.
Tujuan Umum................................................................ 3
1.3.2.
Tujuan Khusus................................................................ 3
1.4. Manfaat Penelitian.................................................................... 3
1.4.1.
Bagi Peneliti....................................................................................... 3
1.4.2.
Bagi Institusi Pendidikan................................................ 3
1.4.3.
Bagi Masyarakat............................................................. 4
1.4.4.
Bagi Tempat Penelitian................................................... 4
BAB 2 TINJAUAN
PUSTAKA
2.1.
Konsep Dasar Pengetahuan...................................................... 5
2.1.1.
Definisi.......................................................................... 5
2.1.2.
Tingkatan Pengetahuan................................................. 6
2.1.3.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan.......... 9
2.2.
Konsep Dasar Diare.................................................................. 15
2.2.1. Definisi ......................................................................... 15
2.2.2.
Etiologi Diare ............................................................... 16
2.2.3. Patogenesis.................................................................... 17
2.2.4.
Penggolongan Diare...................................................... 18
2.2.5.
Patofisiologi.................................................................. 20
2.2.6.
Komplikasi.................................................................... 21
2.2.7.
Penatalaksanaan............................................................ 21
2.2.8.
Dehidrasi....................................................................... 27
BAB 3 KERANGKA
KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN
3.1. Kerangka Konseptual................................................................ 30
BAB 4 METODE PENELITIAN
4.1.
Desain Penelitian....................................................................... 32
4.2. Kerangka Kerja......................................................................... 32
4.3.
Populasi, Sampel, Besar Sampel dan Sampling........................ 33
4.3.1.
Populasi......................................................................... 33
4.3.2.
Sampel........................................................................... 34
4.3.3.
Besar Sampel................................................................. 34
4.3.4.
Tehnik Sampling........................................................... 34
4.4.
Identifikasi Variabel dan Definisi Operasional........................ 35
4.4.1.
Variabel......................................................................... 35
4.4.2. Definisi
Operasional...................................................... 36
4.5. Instrumen Penelitian................................................................. 36
4.6. Lokasi dan Waktu Penelitian................................................... 37
Lokasi Penelitian........................................................................................... 37
Waktu Penelitian........................................................................................... 37
4.7. Prosedur Penelitian dan Pengumpulan Data............................. 37
4.8.
Analisa Data.............................................................................. 38
4.9.
Etika Penelitian......................................................................... 38
4.9.1. Informed Consent (Lembar
Persetujuan)........................ 38
4.9.2. Anonymity (Tanpa Nama).............................................. 38
4.9.3. Confidentiality ( Kerahasiaan )....................................... 39
4.10.Keterbatasan............................................................................ 39
BAB 5 HASIL PENELITIAN DAN ANALISA HASIL PENELITIAN
5.1.
Hasil Penelitian ....................................................................... 40
5.1.1. Umur.............................................................................. 40
5.1.2. Tingkat Pendidikan........................................................ 41
5.1.3. Pekerjaan........................................................................ 41
5.2.
Data Khusus ............................................................................ 42
5.2.1. Pengetahuan
Ibu tentang Tanda-tanda
Dehidrasi
pada Balita Diare ....................................... 42
5.2.2.
Distribusi Pengetahuan Ibu tentang Tanda-tanda
Dehidrasi
pada Balita Diare Berdasarkan Umur........... 42
5.2.3.
Distribusi Pengetahuan Ibu tentang Tanda-tanda
Dehidrasi
pada Balita Diare Berdasarkan Pendidikan.. 43
5.2.4.
Distribusi Pengetahuan Ibu tentang Tanda-tanda
Dehidrasi
pada Balita Diare Berdasarkan Pekerjaan.... 44
BAB 6 PEMBAHASAN
6.1.
Karakteristik Ibu..................................................................... 45
6.1.1.
Identifikasi Pengetahuan Ibu tentang Tanda-tanda
Dehidrasi
Berdasarkan Umur Responden...................... 45
6.1.2.
Identifikasi Pengetahuan Ibu tentang Tanda-tanda
Dehidrasi
Berdasarkan Pendidikan Responden .............. 46
6.1.3.
Identifikasi Pengetahuan Ibu tentang Tanda-tanda
Dehidrasi Berdasarkan Pekerjaan Responden ................ 47
BAB 7 KESIMPULAN
7.1.
Kesimpulan.............................................................................. 49
7.2.
Saran........................................................................................ 49
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar