Sabtu, 03 November 2012

PERBEDAAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH ANTARA VARIETAS CISANTANA DAN VARIETAS WAY APOBURU

Cari Jodoh

ABSTRAKSI


Penelitian ini diarahkan untuk menjawab beberapa permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut: (1) berapa besar produktivitas dan pendapatan usahatani padi sawah varietas Cisantana dan Way Apoburu; (2) apakah berbedaan produktivitas dan pendapatan usahatani padi sawah antara varietas Cisantana dan Way Apoburu berbeda nyata.

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui besarnya produktivitas dan pendapatan usahatani padi sawah varietas Cisantana dan Way Apoburu; (2) untuk menganalisis berbedaan produktivitas dan pendapatan usahatani padi sawah antara varietas Cisantana dan Way Apoburu. Sedangkan manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah : (1) sebagai bahan kajian dan referensi bagi pengembangan keilmuan yang lebih luas, khususnya di bidang usahatani padi sawah melalui penggunaan varietas unggul; (2) sebagai bahan informasi dan masukan bagi pemerintah (Dinas PKK Kota Bau-Bau) dalam mengambil suatu kebijakan di bidang pertanian secara umum, khususnya dalam bidang tanaman pangan; (3) sebagai bahan masukan dan informasi bagi petani, khususnya dalam memilih jenis varietas yang baik dan tepat yang mampu meningkatkan produktivitas dan pendapatan usahatani; dan (4) bahan pembanding lanjutan dengan skop yang lebih luas. 

Penelitian ini dilaksanakan mulai Juni sampai Juli 2006 di Kelurahan Ngkari-Ngkari Kecamatan Bungi Kota Bau-Bau. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 orang. Sampel responden dilakukan berdasarkan jenis pemakaian varietas, yaitu Cluster Random Sampling dengan mengambil masing-masing 30 orang petani yang menggunakan varietas Cisantana dan 30 orang yang menggunakan varietas Way Apoburu. Dengan demikian, maka jumlah sampel responden seluruhnya sebanyak 60 orang dari jumlah seluruh populasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer yang dikumpulkan melalui penelitian lapangan dilakukan dengan bertumpu pada pendekatan: wawancara, observasi dan kajian dokumen. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui kajian literatur yang berhubungan dengan obyek yang diteliti. Variabel penelitian ini meliputi: (1) identitas petani responden; (2) deskripsi usaha tani; (3) produktivitas dan pendapatan usahatani. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini baik data primer maupun data sekunder akan diolah dan dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui perbedaan produktivitas dan pendapatan usahatani padi sawah antara varietas Cisantana dan varietas Way Apoburu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan petani antara yang menggunakan varietas Cisantana dan varietas Way Apoburu tidak terlalu besar perbedaannya, hal tersebut nampak dari selisih pendapatan yang diperoleh petani yaitu sebesar : Rp. 5.372.833 – Rp. 4.101.333 = Rp. 271.500/Ha. Kemudian berdasarkan hasil analisis (Uji-t) menunjukkan pula bahwa pendapatan yang diperoleh petani padi sawah yang menggunakan varietas Cisantana dengan pendapatan petani yang menggunakan varietas Way Apoburu berbeda tidak nyata pada taraf kepercayaan 95 % (t-hitung = 1,692 < t-tabel α 0,05 = 1,765), yang berarti hipotesis yang diajukan ditolak.


HARGA: Rp. 50.000,-

DOWNLOAD


PESAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cara Cepat Hamil