Minggu, 28 Oktober 2012

HUBUNGAN ANTARA PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP UNGGULAN

ABSTRAK


 Bergaul merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang anak untuk memperoleh kesenangan, bersosialisasi tanpa pertimbangan hasil ahkir. Pergaulan yang dilakukan oleh anak lebih menyenangkan jika dilakukan dengan teman-teman seusianya. Hubungan sosial dengan teman bermain dapat menimbulkan dampak positif atau negatifnya anak dapat bercerita dengan lugas, tanpa canggung dan sebagainya. Tetapi dampak negatif yang diperoleh anak juga tidak sedikit, misalnya berbohong karena tekanan teman-temannya, berkata kotor,  berjudi dan sebagainya. Kondisi seperti ini akan dipengaruhi penyesuaian diri terhadap lingkungan.

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan pergaulan teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa SMP Unggulan .....

Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Unggulan ... tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 40 siswa. Dalam penelitian diambil satu kelas yaitu kelas VII A. Teknik pengambilan sampel dengan purposif sampling. Teknik pengambilan datanya adalah angket. Sedangkan teknik analisa diskrit dan teknik korelasi moment bantuan fasilitas SPSS.

Hasil penelitaian adalah (1) pergaulan teman sebaya siswa kelas VII SMP .... diperoleh skor minimal sebesar 17 dan skor maksimal adalah 69 dengan rata-rata 37,56 dan dikategorikan kurang baik dalam pergaulan dengan skala 5 frekuensi yang paling banyak ada katagori cukup baik pergaulan yaitu sebesar 28,8 %, (2) penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Unggulan ... data siswa terdiri dari 40 siswa, mempunyai rentang 5, 83 sampai dengan 8,6 diperoleh rata-rata 6,67 dan dengan kualifikasi cukup baik. Nilai siswa jika dikelompokkan menjadi empat maka yang paling banyak ada pada kelompok  dua ada hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Unggulan .... Hal ini dibuktikan dengan korelasi sebesar 0,5 jatuh pada tingkat signifikan 0.000 berarti tingkat signifikasinya < dari 0,005 oleh karena itu jika hasil penyesuaian diri siswa kurang baik maka berkaitan dengan adanya pergaulan dengan teman sebaya yang kurang mendukung proses penyesuain diri siswa.
Kata kunci : pergaulan sebaya, penyesuaian diri siswa

HARGA: Rp. 50.000,- 

DOWNLOAD

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cara Cepat Hamil