Jumat, 26 Oktober 2012

SISTEM OTOMATISASI PERPARKIRAN UNIVERSITAS WIDYATAMA

ABSTRAK


Sistem otomatisasi perparkiran Universitas Widyatama merupakan suatu sistem yang dirancang berbasis komputer untuk dapat meningkatkan pelayanan perparkiran seiring dengan diraihnya sertifikat ISO 9001 oleh Universitas Widyatama dimana sistem ini menggunakan Barcode ID sebagai pengganti kartu parkir. Sistem ini juga dapat digunakan sebagai monitoring frekuensi kendaraan dalam suatu kurun waktu tertentu, sebagai pendukung pengambilan keputusan dalam pengembangan luas area perparkiran dan juga dapat meningkatkan keamanan di lingkungan Universitas Widyatama.

Proses pembangunan sistem dimulai dengan tahap analisis sistem kemudian dilakukan perancangan yang meliputi perancangan proses dan perancangan basis data. Perancangan proses dilakukan dengan menggunakan tool Data Flow Diagram (DFD) yang kemudian ditransformasikan kedalam modul-modul program untuk keperluan implementasi. Sedangkan perancangan basis data dilakukan dengan metode pemodelan Entity Relationship Diagram (ER-Diagram).

Implementasi pembangunan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6, Active Server Pages (ASP) dan menggunakan Microsoft Access XP sebagai Database Management System.



                                                   DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .....................................................................................        i
ABSTRAK .......................................................................................................      iii
ABSTRACK.....................................................................................................      iv
DAFTAR ISI ....................................................................................................       v
DAFTAR GAMBAR .......................................................................................      ix
DAFTAR TABEL ............................................................................................       x
DAFTAR LAMPIRAN ...................................................................................      xi

BAB I  PENDAHULUAN ..............................................................................       1
 1.1.    Latar Belakang Masalah....................................................................       1
 1.2.    Identifikasi Masalah .........................................................................       2
 1.3.    Maksud dan Tujuan ..........................................................................       3
 1.4.    Batasan Masalah ...............................................................................       3
 1.5.    Metode Pembangunan Sistem ..........................................................       3
a. Studi pustaka dan literatur.............................................................       4
b. Studi sistem...................................................................................       4
c. Pengembangan Software Aplikasi..................................................       5
1.6.    Sistematika Penulisan .......................................................................       5

BAB II  LANDASAN TEORI ........................................................................       6
2.1.    Konsep Dasar ....................................................................................       6
2.1.1.      Sistem ...................................................................................       6
2.1.2.      Data ......................................................................................       6
2.1.3.      Informasi ...............................................................................       6
2.1.4.      Sistem Informasi ...................................................................       7
2.2.    Rekayasa Perangkat Lunak ...............................................................       7
2.2.1.      Metode Waterfall ..................................................................       7
2.2.2.      Rekayasa Sistem ...................................................................       8
2.2.3.      Analisis .................................................................................       9
2.2.4.      Perancangan ..........................................................................       9
2.2.5.      Implementasi .........................................................................       9
2.2.6.      Pengujian ..............................................................................     10
2.2.7.      Pemeliharaan..........................................................................     10
2.2.8.      Metode Prototyping...............................................................     10
2.2.9.      Metode Rapid Application Development (RAD)...................     10
2.2.10.  Metode Incremental...............................................................     11
2.2.11.  Metode Spiral........................................................................     11
2.3.    Analisis Dengan Metode Data Flow Oriented .................................     12
2.4.    Basis Data .........................................................................................     12
2.4.1.      Abstraksi Data ......................................................................     12
2.4.2.      Model Data ...........................................................................     13
2.4.3.      Model Data Entity-Relationship ............................................     13
2.4.3.1.  Himpunan Entitas .......................................................     14
2.4.3.2.  Atribut ........................................................................     14
2.4.3.3.  Himpunan Relasi .........................................................     14
2.4.3.4.  Kardinalitas Pemetaan ................................................     14
2.4.3.5.  Ketergantungan Eksistensi .........................................     14
2.4.4.      Key ........................................................................................     14
2.4.4.1.  Super key .....................................................................     15
2.4.4.2.  Candidate key .............................................................     15
2.4.4.3.  Primary key .................................................................     15
2.4.5.      Entity-Relationship Diagram ................................................     15
2.4.6.      Basis Data Relasional ...........................................................     15
2.4.7.      Sistem Manajemen Basis Data ..............................................     15
2.5.    SQL ..................................................................................................     16
2.6.    HTML ...............................................................................................     16
2.7.    CSS ...................................................................................................     17
2.8.    ASP ...................................................................................................     18
2.9.    Visual Basic.......................................................................................     20
2.10.Barcode..............................................................................................     20

BAB III  ANALISIS .......................................................................................     23
3.1.    Analisis Sistem Yang Sedang Berjalan .............................................     23
3.2.    Permasalahan Yang Timbul...............................................................     24
3.3.    Analisis Kebutuhan Sistem................................................................     25

BAB IV  PERANCANGAN ...........................................................................     26
4.1.    Perancangan Sistem ..........................................................................     26
4.1.1.      Perancangan Model Sistem....................................................     26
4.1.2.      Perancangan Relationship Database......................................     27
        4.2.    Pengguna Sistem................................................................................     27
4.3.    Deskripsi Sistem................................................................................     28
4.3.1.      Aliran Informasi.....................................................................     29
4.3.2.      Deskripsi Proses.....................................................................     34
4.3.2.1.Deskripsi Proses DFD Level 1.......................................     34
4.3.2.2.Deskripsi Proses Manajemen User
            Dan Tarif (DFD Level 2 Proses 1).................................     35
4.3.2.3.Deskripisi Proses Pengelolaan Parkir
            (DFD Level 2 Proses 2).................................................     36
4.3.2.4.Deskripsi Proses Manajemen Operator
            (DFD Level 3 Proses 1.1)..............................................     38
4.3.2.5.Deskripsi Proses Manajemen Pemakai
            Langganan Dan Tarif (DFD Level 3 Proses 1.2)...........     40
4.3.2.6.Deskripsi Proses Periksa Kartu Pemakai
            Langganan (DFD Level 3 Proses 2.1)...........................     42
4.3.2.7.Deskripsi Proses Periksa Kartu Pemakai
            Non Langganan(DFD Level 3  Proses 2.3)...................     43
4.4.    Kamus Data.......................................................................................     44
4.5.    Deskripsi Data...................................................................................     45
4.5.1.      Relasi Antar Tabel.................................................................     45
4.5.1.1.Entitas Yang Terlibat.....................................................     47
4.5.1.2.Relasi Yang Terlibat......................................................     48
4.5.2.      Basis Data
4.6.    Rancangan Menu...............................................................................     51
4.7.    Rancangan Antar Muka.....................................................................     53
  
BAB V  IMPLEMENTASI ............................................................................     59
5.1.    Lingkungan Implementasi ................................................................     59
5.1.1.      Lingkungan Perangkat Keras (Hardware) ............................     59
5.1.2.      Lingkungan Perangkat Lunak (Software) .............................     59
5.2.    Spesifikasi Program ..........................................................................     60
5.2.1.      Algoritma Untuk Manajemen User Dan Tarif
........... (DFD Level 1 Proses 1) ........................................................     60
5.2.2.      Algoritma Untuk Pengelolaan Parkir
(DFD Level 1 Proses 2) ........................................................     65
5.2.3.      Algoritma Untuk Pengelolaan Perparkiran
........... (DFD Level 1 Proses 3) ........................................................     67
5.3.    Tampilan dan Petunjuk Penggunaan .................................................     68

BAB VI  KESIMPULAN DAN SARAN .......................................................     80
6.1.    Kesimpulan .......................................................................................     80
6.2.    Saran .................................................................................................     80

DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................     81
LAMPIRAN

HARGA: Rp. 50.000,-

DOWNLOAD

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cara Cepat Hamil