Selasa, 06 November 2012

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA DIABETES MELITUS

ABSTRAKSI


Diabetes Melitus adalah keadaan hiperglikemia kronik disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal, yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal, dan pembuluh darah. Data yang diperoleh di Dinas Kesehatan Kabupaten ... tahun 2009 sebanyak 41.186 orang, sedangkan di Puskesmas ... tahun 2009 sebanyak 474 penderita, dengan jumlah penduduk 44.726 jiwa yang berarti angka kejadian Diabetes Melitus sebesar 1,059%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara  tingkat pengetahuan dengan kepatuhan minum obat pada penderita Diabetes Melitus di Puskesmas ... 
               
Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasinya adalah para penderita Diabetes Melitus yang rawat jalan di Puskesmas..., dengan sampel 35 responden. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Consecutive Sampling dan pengumpulan data menggunakan alat instrumen berupa kuesioner, sedangkan uji statistik yang digunakan adalah Chi Square dengan Program SPSS versi 12.00.

Raih penghasilan sebesar $4000.00 USD setiap bulan dari internet dengan melakukan pekerjaan entri data yang sangat mudah. Bekerja antara 2-5 jam setiap hari. Gratis dan tanpa modal investasi. Silakan kunjungi website atau klik di sini

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan responden dengan tingkat pengetahuan baik tentang Diabetes Melitus yaitu sejumlah 28 (80,00%) responden, pengetahuan cukup sebanyak 6 (17,14%) responden dan yang mempunyai pengetahuan kurang sebanyak 1 (2,86%) responden. Sebagian besar responden patuh dalam minum obat OHO yaitu sebesar 30 (85,71%) responden dan sisanya sebesar 5 (14,29%) responden tidak patuh dalam mium obat OHO. Berdasarkan Uji Chi Square didapat hasil  Chi Square Uji/ Hitung sebesar 14,875 sedangkan Chi Square Tabel bisa dilihat pada tabel Chi Square (tingkat signifikansi ( a ) = 5 %, derajat kebebasan (df) = 2, dari tabel, didapat Chi Square tabel = 5,991). Oleh karena  Chi Square Hitung > Chi Square Tabel (14,875 > 5,991) dan probabilitas < 0,05 (0,001 < 0,05) maka Ho ditolak atau Ha diterima yaitu  ada  hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan minum obat pada penderita Diabetes Melitus atau tingkat pengetahuan penderita Diabetes Melitus berpengaruh terhadap kepatuhan minum obat OHO dalam pengobatan Diabetes Melitus.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan dapat mempengaruhi kepatuhan minum obat OHO pada penderita Diabetes Melitus, sehingga diharapkan penderita  Diabetes Melitus harus memeriksakan  kesehatannya sesuai dengan anjuran petugas kesehatan dan hendaknya mengikuti informasi, terutama tentang penyakit DM. Dengan demikian dapat meningkatkan pengetahuan sehingga bisa mencapai derajat kesehatan yang optimal.

Kata kunci :  tingkat pengetahuan, kepatuhan minum obat OHO, Diabetes  Melitus


HARGA: Rp. 50.000,- 

DOWNLOAD


PESAN 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cara Cepat Hamil