ABSTRAKSI
Efektivitas kerja sangat diperlukan dalam suatu organisasi, dalam hal ini organisasi adalah organisasi sekolah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Komunikasi intern merupakan komunikasi antar personil yang ada dalam organisasi dan harus senantiasa dikembangkan baik oleh kepala sekolah maupun oleh para guru dan personil lainnya. Komunikasi intern yang terbina baik akan memberikan memberikan kemudahan dan keringanan dalam melaksanakan pekerjaan sekolah yang menjadi tugas bersama. Kepemimpinan kepala sekolah akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan terhadap kemajuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengaruh variabel komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan SMKN 1 ......
Populasi dalam penelitian ini adalah
semua guru dan karyawan SMKN 1 ...... yang berjumlah 150 orang, dengan
sampel sebesar 110 orang dan teknik sampling menggunakan Simple Random
Sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda,
dengan uji signifikansi bersama (uji F),
uji signifikansi parsial (uji t), uji korelasi Pearson dan Koefisien
Determinasi R2. Semua data hasil kuesioner diolah dengan komputasi SPSS versi 12.00.
Berdasarkan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 12.00 didapat hasil dari uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk komunikasi intern diperoleh t hitung (4,324 ) > t tabel (1,982) dengan tingkat Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 ., untuk kepemimpinan kepala sekolah t hitung (5,769) > t tabel (1,982) dengan tingkat Signifikansi 0,000 < 0,05 . Dari uji hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh hasil F hitung (134,921) > F tabel (3,080) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan Uji Korelasi Pearson nilai koefisien korelasi antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas kerja guru dan karyawan (= 0,816) lebih besar dari pada nilai koefisien korelasi antara komunikasi intern dengan efektivitas kerja guru dan karyawan(= 0,792), dengan tingkat Signifikansi semua variabel 0,000 < 0,05.
Berdasarkan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 12.00 didapat hasil dari uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk komunikasi intern diperoleh t hitung (4,324 ) > t tabel (1,982) dengan tingkat Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 ., untuk kepemimpinan kepala sekolah t hitung (5,769) > t tabel (1,982) dengan tingkat Signifikansi 0,000 < 0,05 . Dari uji hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh hasil F hitung (134,921) > F tabel (3,080) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan Uji Korelasi Pearson nilai koefisien korelasi antara kepemimpinan kepala sekolah dengan efektivitas kerja guru dan karyawan (= 0,816) lebih besar dari pada nilai koefisien korelasi antara komunikasi intern dengan efektivitas kerja guru dan karyawan(= 0,792), dengan tingkat Signifikansi semua variabel 0,000 < 0,05.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa secara parsial komunikasi intern berpengaruh positif terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan di SMKN 1 ........, secara parsial kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan di SMKN 1 ........ , secara simultan (bersama) ada pengaruh antara komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan di SMKN 1 ...... dan variabel kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang dominan terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan di SMKN 1 .......
Raih penghasilan sebesar $4000.00 USD setiap bulan dari internet dengan melakukan pekerjaan entri data yang sangat mudah. Bekerja antara 2-5 jam setiap hari. Gratis dan tanpa modal investasi. Silakan kunjungi website atau klik di sini.
DAFTAR ISI
Halaman Judul ..............................................................................................
|
i
|
|
Lembar Pengesahan .......... ........................................................................
|
ii
|
|
Motto .............................................................................................................
|
iii
|
|
Kata Pengantar
............................................................................................
|
iv
|
|
Daftar Isi .......................................................................................................
|
vi
|
|
Daftar Tabel .................................................................................................
|
viii
|
|
Daftar Gambar ..............................................................................................
|
ix
|
|
Daftar Lampiran
..........................................................................................
|
x
|
|
Abstrak .......................................................................................................... |
xi
|
|
BAB I
|
PENDAHULUAN
|
|
A. Latar Belakang Masalah
........................................................
|
1
|
|
B. Rumusan Masalah ................................................................
|
5
|
|
C. Tujuan
Penelitian
.................................................................
|
6
|
|
D. Manfaat
Penelitian ..............................................................
|
6
|
|
E. Sistematika Penulisan Skripsi
.............................................
|
7
|
|
BAB II
|
TINJAUAN PUSTAKA | |
A. Komunikasi Intern
..................................................................
|
8
|
|
B. Kepemimpinan Kepala Sekolah
...........................................
|
19
|
|
C. Efektivitas
Kerja ..................................................................
|
26
|
|
D. Pengaruh
Komunikasi Intern dan Kepemimpinan Kepala
Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru
dan Karyawan .......
|
29
|
|
E. Hipotesis ................................................................................
|
31
|
|
BAB III
|
METODOLOGI PENELITIAN | |
A. Populasi ...................
................................................
|
33
|
|
B. Sampel.......................................................................
|
38
|
|
C. Teknik
Sampling.....................................................................
|
34
|
|
D. Variabel Penelitian
................................................................
|
35
|
|
E. Metode Pengumpulan Data ...................................................
|
36
|
|
F. Metode Analisis Data
............................................................
|
37
|
|
BAB IV
|
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
|
|
A.
Hasil Penelitian ....................................................................
|
40
|
|
B. Pembahasan
.......................................................................
|
57
|
|
BAB V
|
KESIMPULAN DAN SARAN
|
|
5.1 Kesimpulan
.........................................................................
|
63
|
|
5.2
Saran
.................................................................................
|
64
|
|
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................
|
65
|
|
LAMPIRAN
|
67
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar