ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pengelolaan kelas terhadap hasil belajar biologi. Metode yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan Pretest,
Posttest Equivalent Group Design.
Penelitian dilaksanakan di MTs Almafatih
Palmerah Jakarta Barat dengan teknik pengambilan sampel secara simple random
sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, dan didapatkan siswa
kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-II sebagai kelas kontrol.
Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya.
Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar biologi yang diajarkan dengan pengelolaan kelas lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar biologi yang diajarkan dengan tidak pengelolaan kelas. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikasi 0,05 hal ini dapat dilihat dari t hitung > t tabel.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
biologi siswa yang diajarkan dengan pengelolaan kelas lebih tinggi daripada
siswa yang diajar dengan tidak menggunakan pengelolaan kelas.
Raih gaji sebesar $4000.00 USD setiap bulan dari internet dengan
melakukan pekerjaan entri data yang sangat mudah. Bekerja antara 2-5 jam
setiap hari. Gratis dan tanpa modal investasi. Silakan kunjungi website atau klik di sini.
Kata kunci: Pengelolaan kelas, Biologi, dan Hasil belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar