Minggu, 21 Oktober 2012

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dan Pemecahannya pada Pokok Bahasan Segitiga SLTP


ABSTRAKSI

Matematika merupakan ilmu yang esensial sebagai dasar iptek dan dasar bekerja seumur hidup dalam abad informasi. Oleh karena itu penguasaan terhadap matematikabagi warga negara perlu ditingkatkan. Namun di lain pihak kesan matematika sebagai pelajaran yang membosankan, tidak disukai, menakutkan dan sulit masih sering didengar dari siswa.
           
Dari kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar matematika dapat diidentifikasikan berdasarkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, yaitu bagaimana proporsi yang dilakukan siswa kelas VII SLTP dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan segitiga yang digolongkan berdasarkan lima kategori berikut, yaitu : kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan konsep, kesalahan tehnik, kesalahan prosedur dan kesalahan penarikan simpulan. Secara umum faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika, bagaimana pemecahan secara umum dari beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika.
            

Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif eksploratif dengan analisis datanya menggunakan data kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh keas VII dan sampelnya adalah kelas VII A. Dalam penelitian ini instrumen suatu tes harus memenuhi 3 kriteria yaitu cocok, valid dan reliabel.
           
Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan tes dan metode wawancara kepada siswa. Pengambilan data dengan metode tes dilakukan dengan memberikan sebanyak 10 soal yang harus dikerjakan siswa. Tes diberikan hanya 1 kali yaitu pada saat pokok bahasan yang diteliti ini  selesai dibahas. Pada saat siswa mengerjakan soal-soal tes matematika pokok bahasan segitiga, siswa mengerjakan tidak dengan kerjasama antara siswa yang 1 dengan siswa yang lain.
           
Selanjutnya dari jawaban yang terkumpul diperiksa dan dianalisis berdasarkan nilai kebenaran yang didasarkan pada kategori kesalahan yang telah ditetapkan peneliti.
           
Sedangkan metode wawancara dilakukan terhadap 5 siswa yang dipilih karena melakukan kesalahan terbanyak. Adapun analisis datanya dilakukan secara induktif yang mendasarkan analisis data deskriptif dan analisis data kualitatif.
           
Berdasarkan analisis data, kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : proporsi kesalahan siswa kelas VII SLTP dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan segitiga dari kelima kategori kesalahan tersebut adalah kesalahan interpretasi bahasa 23,32%, kesalahan konsep 20,28%, kesalahan tehnik 25%, kesalahan prosedur 23,32%, kesalahan penarikan simpulan 18,61%.
           
Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu, cara belajar siswa yang kurang baik, siswa jarang mengerjakan soal-soal latihan, kurangnya usaha siswa dalam memecahkan kesulitan yang dihadapi, persiapan siswa dalam menghadapi ulangan yang kurang baik dan tidak percaya diri serta siswa kurang menguasai tentang konsep yang dipelajari maupun konsep prasarat.

 

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL DEPAN ………………………………………………
i
HALAMAN SAMPUL DALAM………………………………………………
ii
HALAMAN PRASARAT GELAR……………………………………………
iii
HALAMAN PERSETUJUAN …………………………………………………
iv
HALAMAN PENGESAHAN…………………………………………………..
v
HALAMAN MOTTO ………………………………………………………….
vi
KATA PENGANTAR ………………………………………………………….
vii
ABSTRAKSI …………………………………………………………………...
ix
DAFTAR ISI …………………………………………………………………...
xi
DAFTAR TABEL …………………………………………………………….
xiii
DAFTAR LAMPIRAN ………………………………………………………...
xiv
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang …………………………………………………...
1
B. Rumusan Masalah ………………………………………………..
3
C. Tujuan Pembahasan ……………………………………………...
3
D. Manfaat Penelitian ……………………………………………….
4
E. Penjelasan Istilah, Asumsi dan Keterbatasan …………………….
4
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Hakekat Matematika ……………………………………………..
8
B. Matematika Sekolah ……………………………………………..
11
C. Belajar Matematika ………………………………………………
12
D. Tujuan Pembelajaran Matematika ……………………………….
14
E. Strategi Pembelajaran Matematika ……………………………….
15
F. Pemecahan Masalah dalam Matematika …………………………
15
G. Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika ………
21
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Pendekatan Metodologi ………………………………………….
25
B. Rancangan Penelitian …………………………………………….
25
C. Jenis dan Sumber Data ………………………………………….
26
D. Populasi dan Sampel ……………………………………………..
27
E. Variabel Penelitian ……………………………………………….
29
F. Pengembangan Instrumen ………………………………………..
29
G. Metode Pengumpulan Data ………………………………………
34
H. Anallisis Data …………………………………………………….
36
BAB IV
PENYAJIAN DAN ANALISA DATA
A. Pelaksanaan Pengumpulan Data …………………………………
38
B. Penyajian Data …………………………………………………...
40
C. Bentuk-bentuk Kesalahan yang Dilakukan Siswa ……………….
42
D. Faktor Penyebab Siswa Melakukan Kesalahan Secara Umum ….
51
E.  Sumber Alternatif  Mengatasi  Terjadinya Kesulitan yang Dilakukan Siswa Secara Umum …………………………...
53
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan ………………………………………………………
55
B. Saran ……………………………………………………………...
56
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

HARGA: Rp. 50.000,-


DOWNLOAD

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Cara Cepat Hamil