ABSTRAKSI
Matematika merupakan ilmu yang
esensial sebagai dasar iptek dan dasar bekerja seumur hidup dalam abad
informasi. Oleh karena itu penguasaan terhadap matematikabagi warga negara
perlu ditingkatkan. Namun di lain pihak kesan matematika sebagai pelajaran yang
membosankan, tidak disukai, menakutkan dan sulit masih sering didengar dari
siswa.
Dari kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar matematika dapat diidentifikasikan berdasarkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, yaitu bagaimana proporsi yang dilakukan siswa kelas VII SLTP dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan segitiga yang digolongkan berdasarkan lima kategori berikut, yaitu : kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan konsep, kesalahan tehnik, kesalahan prosedur dan kesalahan penarikan simpulan. Secara umum faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika, bagaimana pemecahan secara umum dari beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika.
Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif eksploratif dengan analisis datanya menggunakan data kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh keas VII dan sampelnya adalah kelas VII A. Dalam penelitian ini instrumen suatu tes harus memenuhi 3 kriteria yaitu cocok, valid dan reliabel.
Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan tes dan metode wawancara kepada siswa. Pengambilan data dengan metode tes dilakukan dengan memberikan sebanyak 10 soal yang harus dikerjakan siswa. Tes diberikan hanya 1 kali yaitu pada saat pokok bahasan yang diteliti ini selesai dibahas. Pada saat siswa mengerjakan soal-soal tes matematika pokok bahasan segitiga, siswa mengerjakan tidak dengan kerjasama antara siswa yang 1 dengan siswa yang lain.
Selanjutnya dari jawaban yang terkumpul diperiksa dan dianalisis berdasarkan nilai kebenaran yang didasarkan pada kategori kesalahan yang telah ditetapkan peneliti.
Sedangkan metode wawancara dilakukan terhadap 5 siswa yang dipilih karena melakukan kesalahan terbanyak. Adapun analisis datanya dilakukan secara induktif yang mendasarkan analisis data deskriptif dan analisis data kualitatif.
Berdasarkan analisis data, kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : proporsi kesalahan siswa kelas VII SLTP dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan segitiga dari kelima kategori kesalahan tersebut adalah kesalahan interpretasi bahasa 23,32%, kesalahan konsep 20,28%, kesalahan tehnik 25%, kesalahan prosedur 23,32%, kesalahan penarikan simpulan 18,61%.
Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu, cara belajar siswa yang kurang baik, siswa jarang mengerjakan soal-soal latihan, kurangnya usaha siswa dalam memecahkan kesulitan yang dihadapi, persiapan siswa dalam menghadapi ulangan yang kurang baik dan tidak percaya diri serta siswa kurang menguasai tentang konsep yang dipelajari maupun konsep prasarat.
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL DEPAN ………………………………………………
|
i
|
|
HALAMAN SAMPUL DALAM………………………………………………
|
ii
|
|
HALAMAN PRASARAT GELAR……………………………………………
|
iii
|
|
HALAMAN PERSETUJUAN …………………………………………………
|
iv
|
|
HALAMAN PENGESAHAN…………………………………………………..
|
v
|
|
HALAMAN MOTTO ………………………………………………………….
|
vi
|
|
KATA PENGANTAR ………………………………………………………….
|
vii
|
|
ABSTRAKSI …………………………………………………………………...
|
ix
|
|
DAFTAR ISI …………………………………………………………………...
|
xi
|
|
DAFTAR TABEL …………………………………………………………….
|
xiii
|
|
DAFTAR LAMPIRAN ………………………………………………………...
|
xiv
|
|
BAB I
|
PENDAHULUAN
|
|
A. Latar Belakang …………………………………………………...
|
1
|
|
B. Rumusan Masalah ………………………………………………..
|
3
|
|
C. Tujuan Pembahasan ……………………………………………...
|
3
|
|
D. Manfaat Penelitian ……………………………………………….
|
4
|
|
E. Penjelasan
Istilah, Asumsi dan Keterbatasan …………………….
|
4
|
|
BAB II
|
LANDASAN TEORI
|
|
A. Hakekat Matematika ……………………………………………..
|
8
|
|
B. Matematika Sekolah ……………………………………………..
|
11
|
|
C. Belajar Matematika ………………………………………………
|
12
|
|
D. Tujuan Pembelajaran Matematika ……………………………….
|
14
|
|
E. Strategi Pembelajaran Matematika ……………………………….
|
15
|
|
F. Pemecahan Masalah dalam Matematika …………………………
|
15
|
|
G. Kesalahan
Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika ………
|
21
|
|
BAB III
|
METODOLOGI PENELITIAN
|
|
A. Pendekatan Metodologi ………………………………………….
|
25
|
|
B. Rancangan Penelitian …………………………………………….
|
25
|
|
C. Jenis dan
Sumber Data ………………………………………….
|
26
|
|
D. Populasi dan Sampel ……………………………………………..
|
27
|
|
E. Variabel Penelitian ……………………………………………….
|
29
|
|
F. Pengembangan Instrumen ………………………………………..
|
29
|
|
G. Metode Pengumpulan Data ………………………………………
|
34
|
|
H. Anallisis Data …………………………………………………….
|
36
|
|
BAB IV
|
PENYAJIAN DAN ANALISA DATA
|
|
A. Pelaksanaan Pengumpulan Data …………………………………
|
38
|
|
B. Penyajian Data …………………………………………………...
|
40
|
|
C. Bentuk-bentuk Kesalahan yang Dilakukan Siswa ……………….
|
42
|
|
D. Faktor Penyebab Siswa Melakukan Kesalahan Secara Umum
….
|
51
|
|
E. Sumber
Alternatif Mengatasi Terjadinya Kesulitan yang Dilakukan Siswa Secara
Umum …………………………...
|
53
|
|
BAB V
|
PENUTUP
|
|
A. Kesimpulan ………………………………………………………
|
55
|
|
B. Saran ……………………………………………………………...
|
56
|
|
DAFTAR PUSTAKA
|
||
LAMPIRAN
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar