ABSTRAK
Dinas
Perhubungan (DISHUB) adalah instansi pemerintah yang salah satu tugasnya adalah
menentukan alokasi trayek angkutan perdesaan serta menentukan jumlah armada dan
tarif angkutan perdesaan. Dalam melaksanakan tugasnya, DISHUB membutuhkan
banyak waktu, karena masih menggunakan sistem manual. Cara inilah yang sering
menjadi faktor utama keterlambatan pengambilan keputusan dalam memberikan suatu
kebijakan. Hal ini sangat tidak diharapkan karena kondisi lapangan membutuhkan
keputusan yang dihasilkan dalam waktu yang cepat dan tepat. Pengembangan Sistem Informasi Penentuan Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(SIPATAP) di Dinas Perhubungan Kabupaten ....... merupakan salah satu
bentuk pengembangan sistem dalam bidang teknologi informasi. Hal ini membuktikan bahwa teknologi informasi telah mempengaruhi aktifitas
bisnis suatu lingkungan kerja termasuk salah satunya Dinas Perhubungan Kabupaten ....... Dilatarbelakangi oleh perkembangan jumlah penduduk yang menggunakan jasa transportasi angkutan
umum dalam hal ini angkutan perdesaan serta berkembangnya pembangunan dan pertumbuhan
ekonomi masyarakat suatu daerah, maka berdasarkan analisis permasalahan
tersebut, diperlukan suatu sistem penentuan alokasi trayek angkutan perdesaan yang
terkomputerisasi.
Analisis bertujuan untuk mendapatkan pemahaman secara keseluruhan tentang sistem yang akan kita kembangkan berdasarkan kebutuhan User. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam proses analisis antara lain identifikasi aktor, pengembangan use case dan activity diagram, pengembangan interaction diagram, identifikasi kelas, atribut & method serta pemeriksaan.
Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan metodologi berorientasi objek yaitu Unified Approach (UA) dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk memodelkan kebutuhan sistem. Perancangan sistem adalah strategi untuk memecahkan masalah dan mengembangkan solusi terbaik bagi permasalahan itu. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam proses perancangan sistem antara lain design class diagram, design view/access layer, dan User satisfaction and usability tests based on use case. Adapun tujuan dari pengembangan sistem ini adalah untuk merancang Sistem Informasi Penentuan Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan (SIPATAP) yang terkomputerisasi guna mengakomodasi kebutuhan user sebagai pengguna sistem dalam pencatatan dan pelaporan data hasil survey.
Dari
hasil penelitian ini akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi Penentuan
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan (SIPATAP) dapat membantu Dinas Perhubungan
dalam melaksanakan salah satu tugasnya yaitu menentukan alokasi trayek angkutan
perdesaan. Selain itu, informasi yang dihasilkan telah mengakomodasi kebutuhan
user sebagai pengguna sistem.
Kata Kunci : Unified Approach (UA), Unified
Modelling Language (UML)
DAFTAR ISI
ABSTRAK......................................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................... iv
DAFTAR GAMBAR ....................................................................................... xiv
DAFTAR TABEL.............................................................................................
xxi
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah................................................................ 1
1.2
Identifikasi Masalah...................................................................... 5
1.3
Tujuan Penelitian........................................................................... 5
1.4
Batasan Masalah............................................................................ 6
1.5
Metodologi Penelitian.................................................................... 7
1.5.1 Metode Pengumpulan Data ................................................. 7
1.5.1.1 Pengumpulan Data
Primer........................................ 7
1.5.1.2 Pengumpulan Data
Sekunder................................... 7
1.5.2 Metode Perancangan Berorientasi Objek............................. 7
1.5.2.1 Unified Modelling
Language (UML)........................ 9
1.6 Kerangka Pemikiran....................................................................... 10
1.7
Sistematika Penulisan.................................................................... 12
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Konsep Dasar Sistem Informasi..................................................... 14
2.1.1 Pengertian Data..................................................................... 14
2.1.1.1 Jenis Data Menurut Cara Memperolehnya................. 15
2.1.1.2 Macam-macam Data Berdasarkan Sumber Data....... 15
2.1.1.3 Klasifikasi Data Berdasarkan Jenis Datanya............. 15
2.1.1.4 Pembagian Jenis Data Berdasarkan Sifat Data.......... 16
2.1.1.5 Jenis-jenis Data Menurut Waktu Pengumpulannya..... 16
2.1.2 Pengertian Sistem.................................................................. 17
2.1.2.1 Karakteristik Sistem................................................... 18
2.1.3 Pengertian Informasi.............................................................. 19
2.1.3.1 Siklus Informasi......................................................... 21
2.1.4 Pengertian Sistem Informasi.................................................. 21
2.1.5 Manajemen............................................................................. 23
2.1.5.1 Fungsi-fungsi Manajemen.......................................... 23
2.1.6 Sistem Informasi Manajemen................................................ 24
2.1.7 Hubungan Informasi dengan Manajemen.............................. 26
2.2 Pengembangan Sistem.................................................................... 27
2.2.1 Pengertian Metodologi
Berorientasi Objek........................... 29
2.2.2 Karakteristik Sistem
Berorientasi Objek................................ 30
2.2.3 Keuntungan Metodologi
Berorientasi Objek......................... 30
2.3 Konsep Dasar dalam Object Oriented Analysis & Design
(OOAD).......................................................................................... 31
2.3.1 Aktor (Actor)......................................................................... 31
2.3.2 Objek (Object)....................................................................... 32
2.3.3 Kelas (Class).......................................................................... 32
2.3.3.1 Kelas Objek (Object Class)....................................... 33
2.3.4 Atribut................................................................................... 33
2.3.5 Operasi (Operation)............................................................... 34
2.3.6 Pemodelan Proses Menggunakan Use Case Driven.............. 34
2.4 Unified Modelling Language (UML) ............................................. 35
2.4.1 Class Diagram....................................................................... 36
2.4.1.1 Paket (Package)......................................................... 39
2.4.1.2 Relasi pada Class Diagram........................................ 39
2.4.1.3 Asosiasi (Association)................................................ 39
2.4.1.4 Batasan (Constraint).................................................. 40
2.4.1.5 Associations Class...................................................... 40
2.4.1.6 Multiplisitas (Multiplicity).......................................... 41
2.4.1.7 Generalisasi dan Pewarisan (Generalization
& Inheritance)........................................................... 42
2.4.1.8 Dependency Class...................................................... 43
2.4.1.9 Agregasi (Agregation)................................................ 43
2.4.1.10 Interface &
Realization............................................ 44
2.4.2
Diagram Objek (Object Diagram)........................................ 45
2.4.3
Use Case Diagram............................................................... 46
2.4.4
Component Diagram............................................................ 48
2.4.5
Deployment Diagram........................................................... 50
2.4.6
Sequence Diagram................................................................ 51
2.4.7
Collaboration Diagram........................................................ 53
2.4.8 Statechart
Diagram............................................................... 54
2.4.9
Activity Diagram................................................................... 55
2.5 Object Oriented
Development......................................................... 57
2.6
Unified Approach (UA).................................................................. 58
2.6.1 Object Oriented Analysis (OOA).......................................... 60
2.6.2 Object Oriented Design (OOD)............................................ 61
2.7
Basis Data (Database).................................................................... 63
2.7.1 Definisi Basis Data................................................................ 63
2.7.2 Ketergantungan Fungsional
(KF).......................................... 63
2.7.3 Normalisasi............................................................................ 64
2.7.4 Database
Management System (DBMS).......................... 64
2.7.5 Model Database................................................................ 65
2.7.6 Antarmuka Database........................................................ 67
2.8
Basis Data Berorientasi Objek (Object
Oriented Database)........... 68
2.8.1 Object Oriented Database Management System
(OODBMS)........................................................................... 69
2.9
Prinsip Dasar Jaringan..................................................................... 70
2.9.1 Tipe Jaringan Komputer......................................................... 71
2.9.2 Media Transmisi..................................................................... 71
2.9.3 Topologi Jaringan................................................................... 72
2.9.4 Komponen Pembentuk Jaringan............................................ 73
2.9.5 Arsitektur Jaringan Komputer............................................... 73
2.10
Software Pendukung..................................................................... 77
2.10.1
Microsoft Visual Basic Versi 6.0................................................ 77
2.10.2
Microsoft Office Access Versi 2003............................................ 77
2.10.3
Microsoft Visio Versi 2003......................................................... 77
2.10.4
Rational Rose Versi 2000........................................................... 78
2.10.5
Sparx Systems’ Enterprise Architect 7.0................................... 79
BAB III ANALISIS SISTEM
3.1 Analisis Sistem.............................................................................. 81
3.2 Kondisi Objektif Dinas Perhubungan Kabupaten Garut.............. 82
3.2.1 Visi Dinas Perhubungan Kabupaten Garut.......................... 82
3.2.2 Misi Dinas Perhubungan Kabupaten Garut......................... 82
3.2.3 Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Perhubungan
Kabupaten Garut................................................................. 83
3.3 Deskripsi
Proses....................................................................... 87
3.4 Analisis
Kebutuhan Sistem...................................................... 88
3.4.1 Identifikasi
Aktor........................................................... 88
3.4.2 Pengembangan
Use Case................................................ 90
3.4.2.1 Narative Use Case Sistem Penentuan Alokasi
Trayek Angkutan Perdesaan (SIPATAP)........... 93
3.4.2.1.1 Narative Use Case Melakukan
Pengaduan Alokasi Trayek
Angkutan Perdesaan (ATAP)............ 93
3.4.2.1.2 Narative Use Case Survey Penentuan
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (ATAP)............................... 94
3.4.2.1.3 Narative Use Case User Login............ 95
3.4.2.1.4 Narative Use Case
Penentuan
Alokasi Trayek
Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 96
3.4.2.1.5 Narative Use Case Melihat
Data
dan Laporan Alokasi Trayek
Angkutan Perdesaan (ATAP).............. 97
3.4.2.1.6 Narative Use Case Me-manage Data
Alokasi Trayek
Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 99
3.4.2.1.7 Narative Use Case
Menambah Data
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan
(ATAP)................................................ 100
3.4.2.1.8 Narative Use Case
Mengubah Data
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan
(ATAP)................................................ 101
3.4.2.1.9 Narative Use Case Menghapus Data
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan
(ATAP)................................................ 102
3.4.2.1.10 Narative Use Case
Pencarian Data
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan
(ATAP)............................................... 103
3.4.2.1.11 Narative Use Case Penentuan
Jumlah Armada.................................. 104
3.4.2.1.12 Narative Use Case
Penentuan Tarif... 105
3.4.2.1.13 Narative Use Case Membuat
SK
Penentuan Alokasi Trayek
Angkutan Perdesaan (ATAP)........... 106
3.4.2.1.14 Narative Use Case Edit Password..... 107
3.4.2.2 Proyeksi
Use Case ke dalam Activity Diagram... 108
3.4.3 Pengembangan
Activity Diagram.................................... 116
3.4.4 Pengembangan
Diagram Interaksi (Interaction Diagram) 119
3.4.4.1 Sequence Diagram.............................................. 120
3.4.4.1.1 Sequence Diagram Melakukan
Pengaduan
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 120
3.4.4.1.2 Sequence Diagram Survey
Penentuan
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 120
3.4.4.1.3 Sequence Diagram User Login............ 121
3.4.4.1.4 Sequence Diagram Penentuan
Alokasi
Trayek Angkutan Perdesaan (ATAP).. 122
3.4.4.1.5 Sequence Diagram Melihat
Data dan
Laporan Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (ATAP)............................... 122
3.4.4.1.6 Sequence Diagram Me-manage
Data
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 123
3.4.4.1.7 Sequence Diagram Menambah
Data
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 123
3.4.4.1.8 Sequence Diagram Mengubah
Data
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 124
3.4.4.1.9 Sequence Diagram Menghapus
Data
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 125
3.4.4.1.10 Sequence Diagram Pencarian
Data
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (ATAP)............................. 126
3.4.4.1.11 Sequence Diagram Penentuan
Jumlah
Armada.............................................. 126
3.4.4.1.12 Sequence Diagram Penentuan
Tarif.. 127
3.4.4.1.13 Sequence Diagram Membuat
SK
Penentuan Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (ATAP)............................. 127
3.4.4.1.14 Sequence Diagram Edit
Password..... 128
3.4.4.2 Collaboration Diagram....................................... 128
3.4.4.2.1 Collaboration Diagram
Melakukan
Pengaduan
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (ATAP)............................... 128
3.4.4.2.2 Collaboration Diagram
Survey Penentuan
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 129
3.4.4.2.3 Collaboration Diagram User Login..... 129
3.4.4.2.4 Collaboration Diagram
Penentuan
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 130
3.4.4.2.5 Collaboration Diagram
Melihat Data dan
Laporan Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (ATAP)............................... 130
3.4.4.2.6 Collaboration Diagram Memanage Data
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 131
3.4.4.2.7 Collaboration Diagram
Menambah Data
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 131
3.4.4.2.8 Collaboration Diagram
Mengubah Data
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 132
3.4.4.2.9 Collaboration Diagram
Menghapus Data
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP)................................................ 132
3.4.4.2.10 Collaboration Diagram
Pencarian Data
Alokasi Trayek Angkutan Perdesaan
(ATAP).............................................. 133
3.4.4.2.11 Collaboration Diagram
Penentuan
Jumlah Armada.................................. 133
3.4.4.2.12 Collaboration Diagram
Penentuan
Tarif.................................................... 134
3.4.4.2.13 Collaboration Diagram
Membuat SK
Penentuan Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan
(ATAP)............................. 134
3.4.4.2.14 Collaboration Diagram Edit
Password............................................ 135
3.4.5 Identifikasi Kelas, Atribut & Method............................ 135
3.5 Mengimplementasikan
Konsep Pemodelan Objek................... 137
3.5.1 Mengimplementasikan Kelas........................................ 137
3.5.2 Mengimplementasikan Objek........................................ 138
3.5.3 Mengimplementasikan Atribut...................................... 138
3.5.4 Mengimplementasikan Method..................................... 138
3.5.5 Mengimplementasikan Agregasi................................... 139
3.5.6 Mengimplementasikan Pembungkusan (Encapsulation) 139
3.5.7 Mengimplementasikan Pewarisan (Inheritance)............ 140
3.5.8 Mengimplementasikan Generalisasi/Spesialisasi........... 140
3.5.9 Mengimplementasikan Message.................................... 141
3.5.10 Mengimplementasikan
Polymorphism.......................... 142
BAB IV PERANCANGAN SISTEM
4. Perancangan Sistem................................................................... 143
4.1 Perancangan Kelas, Metode, Atribut dan
Asosiasi............... 144
4.2 Menyaring
UML Class Diagram.......................................... 145
4.2.1 Menyaring Atribut............................................................ 146
4.2.1.1
Penyaringan Atribut untuk Kelas Survey............. 146
4.2.1.2 Penyaringan Atribut untuk
Kelas Kecamatan...... 146
4.2.1.3 Penyaringan
Atribut untuk Kelas User (Staff)....... 147
4.2.1.4 Penyaringan
Atribut untuk Kelas Armada.............. 147
4.2.1.1 Penyaringan Atribut untuk Kelas
Alokasi Trayek.. 148
4.2.2 Perancangan Metode dan Protokol................................... 149
4.2.2.1 Perancangan Metode Insert
Data Penentuan
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (PATAP)... 149
4.2.2.2 Perancangan Metode Update Data Penentuan
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (PATAP)... 150
4.2.2.3 Perancangan Metode Delete Data Penentuan
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (PATAP)... 150
4.2.2.4 Perancangan Metode Display Data Penentuan
Alokasi Trayek Angkutan
Perdesaan (PATAP)... 151
4.2.2.5 Perancangan Metode Print Data Alokasi Trayek
Angkutan Perdesaan (ATAP)............................... 152
4.3 Perancangan Layer Akses dan
Antarmuka (Interface).......... 152
4.3.1 Perancangan Layer Akses............................................ 152
4.3.1.1 Penciptaan Tabel dengan SQL
dan Normalisasi 154
4.3.1.2 Query dengan SQL........................................... 157
4.3.2 Perancangan Antarmuka (Interface)............................... 158
4.3.2.1 Perancangan Antarmuka Kelas Form
Login..... 159
4.3.2.2 Perancangan Antarmuka Form Menu Utama... 160
4.3.2.3 Perancangan Antarmuka Form User (Staff)...... 161
4.3.2.4 Perancangan Antarmuka Form Kecamatan...... 162
4.3.2.5 Perancangan Antarmuka Form Survey............. 163
4.3.2.6 Perancangan Antarmuka Form Armada........... 164
4.3.2.7 Perancangan Antarmuka Form Alokasi Trayek 165
4.3.2.8 Perancangan Antarmuka Form Laporan........... 166
4.3.2.9 Perancangan Antarmuka Form Surat
Keputusan
(SK)................................................................... 167
4.3.2.10 Perancangan Antarmuka Form Edit Password 168
4.4 Spesifikasi Kebutuhan Sistem.................................................. 171
4.4.1 Spesifikasi
Kebutuhan Fungsional................................... 171
4.4.2 Spesifikasi Kebutuhan Non Fungsional........................... 171
4.4.2.1 Kebutuhan
Perangkat Lunak................................ 171
4.4.2.2 Kebutuhan
Perangkat Keras................................. 172
4.4.2.3 Struktur
Menu Program........................................ 172
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan................................................................................. 175
5.2 Saran........................................................................................... 176
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar