RINGKASAN
Dysmenorrhea adalah nyeri sewaktu haid. Nyeri terasa
diperut bagian bawah, nyeri dapat terasa sebelum, selama atau sesudah haid, dan
diduga karena adanya kontraksi. Dan kejadian dysmenorrhea dapat terjadi karena
beberapa faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor
yang berhubungan dengan gangguan menstruasi (Dysmenorrhea) pada remaja
putri.
Desain
penelitian ini adalah Deskriptif dengan jumlah populasi 135 siswa sehingga
didapatkan besar sampel sejumlah 100 responden. Tehnik sampling menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan
observasi.
Hasil penelitian didapatkan : 89 responden (89%) mengalami dysmenorrhea ssebelum menstruasi, 76 responden (76%) karena faktor psikis (menghadapi ujian), 100 responden (100%) faktor pendidikan kesehatan yang didapatkan dari Guru,64 responden (64%) faktor asupan nutrisi (makanan pedas) yang berhubungan dengan gangguan menstruasi (dysmenorrhea), dan 74 responden (74%) memiliki BB 35 – 46 kg dengan kategori cukup.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa faktor – faktor diatas yaitu faktor psikis dan nutrisi adalah merupakan faktor yang berhubungan dengan terjadinya dysmenorrhea. Sedangkan Pendidikan Kesehatan, dan Status gizi (BB) tidak berhubungan dengan gangguan menstruasi (Dysmenorrhea), Sehingga diharapkan para remaja putri memiliki pengetahuan tentang dysmenorrhea dan mengerti cara penanganannya dalam upaya mengurangi keluhan yang terjadi selama dysmenorrhea.
DAFTAR ISI
Halaman Sampul
DALAM................................................................. i
LEMBAR Pengesahan.......................................................................... ii
LEMBAR
Persetujuan......................................................................... iii
Surat Pernyataan............................................................................... iv
LEMBAR
Persembahan....................................................................... vi
Kata Pengantar.................................................................................. vii
RINGKASAN............................................................................................... ix
Daftar Isi................................................................................................. x
DAFTAR TABEL......................................................................................... xii
DAFTAR GAMBAR.................................................................................... xiii
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................ xiv
DAFTAR ARTI
LAMBANG, SINGKATAN DAN ISTILAH....................... xv
BAB
1. PENDAHULUAN......................................................................... 1
1.1
Latar Belakang 1
1.2
Rumusan Masalah 4
1.3
Tujuan Penelitian 4
1.3.1
Tujuan Umum…………………………………………….. 4
1.3.2
tujuan Khusus ……………………………………………. 4
1.4
Manfaat Penelitian 4
1.4.1
Bagi Peneliti……………………………………………… 5
1.4.2
Bagi Institusi …………………………………………….. 5
1.4.3
Bagi masyarakat………………………………………….. 5
BAB
2. TINJAUAN PUSTAKA................................................................. 6
2.1
Konsep Dasar Menstruasi...................................................... 6
2.2
Konsep Dasar Dysmenorrhea................................................ 10
2.3
Konsep Dasar Remaja............................................................ 22
BAB
3. KERANGKA KONSEPTUAL...................................................... 29
3.1
Kerangka Konseptual 29
BAB
4. METODE PENELITIAN.............................................................. 30
4.1
Desain Penelitian
4.2 Kerangka Kerja
4.3 Populasi, Sampel, Besar Sampel dan Sampling
4.4 Identifikasi Variabel
4.5 Definisi Operasional
4.6 Instrumen Penelitian
4.7 Lokasi waktu dan Penelitian
4.8 Prosedur Penelitian
4.9 Cara Analisa Data
4.10 Etika Penelitian
4.11 Keterbatasan
4.2 Kerangka Kerja
4.3 Populasi, Sampel, Besar Sampel dan Sampling
4.4 Identifikasi Variabel
4.5 Definisi Operasional
4.6 Instrumen Penelitian
4.7 Lokasi waktu dan Penelitian
4.8 Prosedur Penelitian
4.9 Cara Analisa Data
4.10 Etika Penelitian
4.11 Keterbatasan
BAB 5 HASIL PENELITIAN
5.1 Kejadian Dysmenorrhea
5.2 Faktor – faktor yang
berhubungan dengan Gangguan
Menstruasi (Dysmenorrhea)
BAB 6
PEMBAHASAN
6.1 Identifikasi
Responden berdasarkan kejadian Dysmenorrhea pada
Remaja Putri Kelas 3
6.2 Identifikasi faktor Psikis yang
berhubungan dengan gangguan
Menstruasi (Dysmenorrhea)
6.3 Identifikasi faktor Pendidikan Kesehatan
Yang di dapatkan Remaja
Putri yang berhubungan dengan gangguan Menstruasi
(Dysmenorrhea)
6.4 Identifikasi faktor Nutrisi yang
berhubungan dengan gangguan
Menstruasi (Dysmenorrhea)
6.5
Identifikasi Status gizi (BB) yang berhubungan dengan gangguan
Menstruasi
(Dysmenorrhea)
BAB 7. PENUTUP
7.1. Kesimpulan
7.2. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar